Tips Sukses Membuat Lumpia


Tips Sukses Membuat Lumpia

Berikut ulasan dan tips membuat Lumpia :

  1. Sebelum membuat lumpia, kenali dulu ragam kulit lumpia. Bahan yang paling banyak digunakan diantaranya : Kulit lumpia biasa ( semacam kulit pangsit tapi lebih lebar ), kulit lumpia impor atau lebih dikenal dengan Spring Rolls TYG atau TYG. Tekstur TYG ini tipis dan transparan. Selain itu kulit lumpia juga bisa dibuat dari adonan dadar, kembang tahu, atau kulit lumpia buatan sendiri seperti yang digunakan pedagang kulit lumpia semarang.
  2. Jika ingin kulit lumpia bikinan sendiri hasilnya lebih putih, jangan tambahkan minyak dalam adonan. Minyak hanya dimanfaatkan untuk olesan saja pada wajan saat pertama kali mencetak kulit lumpia agar tidak lengket.
  3. Untuk membuat kulit lumpia basah yang enak, perhatikan komposisi antara tepung terigu dan cairan yang digunakan, terutama bila anda menggunakan santan sebagai cairannya. Jangan biarkan kulit dengan cairan santan terlalu lama disimpan karena santan bisa basi dan menyebabkan rasa kulit tidak enak.
  4. Buat kulit lumpia basah sedikit lebih tebal daripada lumpia goreng karena lumpia basah tidak butuh kerenyahan.
  5. Jangan buat kulit lumpia terlalu kering agar saat dilipat tidak pecah.
  6. Untuk hasil yang lebih renyah, ganti saja telur ayam dengan telur bebek.
  7. Bila akan menyimpan kulit lumpia dalam waktu lama, sebaiknya bungkus kulit dengan daun pisang, kemudian masukkan dalam kantung plastik dan simpan dalam almari pendingin. Keluarkan kulit sesaat sebelum digunakan.
  8. Upayakan jika mengisi kulit lumpia, adonan isinya dalam keadaan dingin saat akan dibungkus agar tidak banyak yang pecah.
  9. Sebagai bahan perekat kulit lumpia, gunakan saja putih telur, atau lem dari tepung sagu dan air yang dimasak.
  10. Jika membuat lumpia dalam jumlah besar, setelah diisi dan dibentuk atur yang rapi dalam box plastik, agar tidak lengket setiap lapisannya, alasi dengan kertas roti lilin atau daun pisang.
  11. Goreng lumpia dalam minyak banyak, panas dan di atas api sedang agar matangnya merata dan tidak banyak menyerap minyak.
  12. Untuk memperkaya rasa, sajikan lumpia dengan saus ( Saus Taoco, Saus Kacang, Saus Sambal, Saus Tomat dll ) acar, daun bawang atau cabai rawit.

Incoming search terms for the article:

Comments

comments

Add Comment